Riska salon
Riska
noviasari
2013115089
Kata pengantar
Segala puji dan syukur
kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkah dan rahmat-Nya Saya bisa
menyusun proposal ini dengan sebaik-baiknya. Shalawat serta salam semoga
terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Adapun maksud dan tujuan
penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas Pengantar komputer yang di
bimbing oleh Bapak Husni Hidayat, S.Kom.
Dalam penyusun proposal
ini Saya tentu menjumpai beberapa
hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak akhirnya Saya dapat
menyelesaikan proposal ini dengan
sebaik-baiknya, oleh karena itu melalui kesempatan ini Saya sebagai penyusun
mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terkait yang
telah membantu Saya menyelesaikan proposal ini.
Segala sesuatu yang salah
datangnya dari manusia yaitu Saya sendiri sedangkan segala sesuatu yang benar
datangnya hanya dari Allah SWT, untuk itu Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya
apabila dalam penyusunan proposal ini masih terdapat berbagai kesalahan baik
itu dalam penulisan atau tata bahasa, dan kritik beserta saran yang membangun
sangat Saya harapkan guna untuk memperbaiki kesalah-kesalahan pada tahap
selanjutnya.
Semoga proposal ini
bermanfaat khususnya bagi Saya sebagai penyusun umumnya untuk semua pihak
pembaca.
Pekalongan,
14 Desember 2015
Beauty salon
adalah sebuah usaha perseorangan yang bergerak di bidang jasa kecantikan baik
itu berupa kecantikan wajah, kecantikan rambut dan kecantikan badan. Usaha ini
dikhususkan bagi para wanita baik anak-anak remaja hingga orang dewasa. Jenis
jasa yang ditawarkan sangat variatif mengingat kebutuhan akan kecantikan
merupakan idaman bagi setiap wanita. Salon merpakan salah satu wadah untuk
mewujudkan hal tersebut. Selain itu, pelayanan yang baik menjadi andalan salon
tersebut untuk meningkatkan mutu bagi pengunjung salon sehingga tidak akan
mengecewakan pelanggan. Beauty salon yang memiliki lokasi yang strategis dan
nyaman akan membuat pelanggan merasa nyaman.
Prospek
pengembangn usaha salon ini sangat menjanjikan mengingat pangsa pasar yang
cukup besar khususnya bagi perempuan dimana sering perkembangan jaman, tren dan
model gaya rambut yang terus berubah ditambah kebutuhan akan kecantikan diri
sangat penting bagi perempuan. Berangkat dari pemikiran ini kami membuat ide
untuk membuka usah salon kecantikan yang cukup menggiurkan di dunia bisnis ini.
A. Konsep bisnis
Beauty salon
adalah konsep salon kecantikan untuk para wanita. Beauty salon menawarkan harga
yang sangat menggiurkan khususnya untuk para mahasiswa yang relatif murah jika
dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa mencapai 30
persennya.
Dari segi
kualitas, barang-barang yang ada di beauty salon ini tidak diragukan lagi,
sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas.
Dan dari
segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga pelanggan tidak merasa
dirugikan sebab asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional
sehingga dalam pengerjaanya terampil dan hasilnya tentu tudak akan mengecewakan
para pelanggan nantinya.
Berikut ini
adalah 5 elemen uatama yang di tawarkan oelh beauty salon yang membedakannya
dengan sesama slaon kecantikan yang ada di indonesia:
·
Produk perawatan yang berkualitas tinggi
Beauty salon
didirikan untuk memberikan pelayanan dalam bidang jasa dengan produk perawatan
salon yang berkualitas tinggi dan harga terjangkau. Penawaran ini akan menjadi
jawaban bagi kebutuhan konsumen akan perawatan diri dengan produk berkulitas
tinggi dan harga terjangkau. Asisten salon merupakan lulusan terbaik dan
profesional sehingga dalam pengerjaanya terampil dan hasilnya dan tentunya
tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya. Selain itu, menu perawatan di
beauty salon ini sangat lengkap.
·
Layanan konsumen yang prima
Tujuan
perusahaan adalah mengembangkan layanan jasa yang positif dan proaktif yang
akan dialami oleh konsumen setiap kali mereka datang ke beauty salon. Karena
konsep ini adalah perusahaan mengandalkan kunjungan kembali konsumen, maka
interaksi dengan konsumen merupakan hal yang kritis dan merupakan kunci sukses
bisnis ini. Pegawai memegang peranan penting dalam hal ini. Oleh karenanya,
perusahaan menetapkan pegawai yang direkrut adalah orang-orang lulusan terbaik
dan profesional, berpenampilan menari, dan yang memiliki komitmen untuk
melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan perhatian, pengembangan diri
karyawan, dan kompensasi bagi hasil bagi para karyawannya agar dapat memberikan
layanan yang prima.
·
Persediaan barang dagangan dan metode pemasaran yang
unik
Perusahaan
akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang yang agresif yang
dirancang untuk menciptakan dan mempertegas citra merek perusahaan. Perusahaan
akan menggunakan logo beauty salon secara eksentif pada presentasi produk dan
pelayanan jasa yang inovatif.
·
Lokasi yang nyaman
Berbeda
dengan salon kecantikan pada umumnya, beauty salon berlokasi dekat dengan
perguruan tinggi dan gedung perkantoran dengan tingkat lalu lintas pengunjung
yang tinggi. Hal ini memberikan manfaat ganda bagi para konsumennya, yaitu
sambil berkuliah atau bekerja setelah penat melakukan aktifitasannya bisa
langsung memanjakan diri di salon. Selain itu, berbeda sehingga dapat menarik
konsumen untuk berkunjung.
·
Desain salon yang cozy dan eksklusif
Beauty salon
akan dirancang denagn cozy dan eksklusif pada interior dan perabotnya. Desain
yang unik sangat diperhatikan untuk menjadi penambah daya tarik salon.
B. Produk yang
ditawarkan
Beauty salon
menawarkan berbagai bidang jasa dalam kecantikan para wanita. Jasa yang
ditawarkan dalam usaha tersebut yaitu sebagai berikut:
·
Jasa perawatan rambut seperti pemotongan rambut,
creambath, rebonding, keriting, masker rambut, cuci dan blow rambut, cat dan
bleacing rambut, dan toning rambut.
·
Jasa perawatan wajah ditawarkan facial wajah, make up
wajah, pijat wajah, totok aura.
·
Jasa perawatan tubuh sediakan jasa mandi uap, berbagai
macam lulur, mandi susu, dan manicure padicure.
C. Harga
Harga yang
ditawarkan dalam usaha tersebut sangat menggiurkan khususnya berada pada lokasi
perkuliahan mahasiswa maka harga masih terjangkau dan relatif murah jika
dibandingkan denag harga salon ditempat lain bahkan bisa mencapai 30 persennya.
Dari segi
lualitas, barang-barang yang ada di beauty salon ini tidak diragukan lagi,
sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas. Dan
lagi segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga salon merupakan lulusan
terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaanya terampil dan hasilnya tentu
tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya.
D. Persediaan
Barang dan Pemasaran
·
Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan
tingkat kesadaran kualitas, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai
materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan perusahaan.
·
Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut
·
Memberikan gratis “creambath” agar konsumen dapat
mencoba pelayanan.
·
Penawaran kartu potongan yang dapat digunakan pada
hari-hari tertentu untuk mendorong kunjugan berganda.
·
Materi-materi edukasi yang berkaitan dengan produk perawatan, pemanfaatnya, dan petunjuk
pemanfaatan produk tersebut
·
Layanan proaktif karyawan: melatih dan mendidik
karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta cara melayani konsumen
dengan antusias
E. Layanan
Pelanggan
·
Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para
pelanggan dan konsumen, Beauty Salon akan menyelenggarakan pemasaran internal
melalui proses rekrutme, pelatihan, dan motivasi para karyawannya. Hal ini juga
bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai peranan mereka
pada kepuasan konsumen. Hal ini menjadi salah satu poin strategi bagi Beauty
Salon dibandingkan dengan para pesaingnya.
·
Selain itu, karyawan juga akan diberian pelatihan
mengenai product knowledge yang ada digunakan di perusahaan. Dengan demikian,
mereka dapat berfungsi sebagai messenger bagi para konsumen dan pelanggan
perusahaan.
F. Desai Gerai
·
Beauty Salon aka dirancang dengan konsep cozy dan
eksklusif. Suasana yang dimunculkan adalah salon setaraf salon ternama, simple
modernis, bersih, bergaya dan menyenangkan.
Perencanaan Bisnis
Analisa Keuangan
Rata – rata omset / Outlet / bln : Rp 20.000.000
Bahan Baku ( 40% ) : Rp 8.000.000
Laba Kotor : Rp 12.000.000
Biaya Operasional / outlet ( rata – rata )
Gaji Pegawai : Rp 2.000.000
Overhead ( listrik, telp, pam ) : Rp 600.000
Sewa Tempat : Rp 800.000
Langganan Internet : Rp 500.000
Operasional IT : Rp 600.000
Biaya Penyusutan Alat : Rp 500.000 * diambil rata-rata
Operasional Lain – Lain : Rp 1.000.000
TOTAL : Rp 6.000.000
Laba Bersih / outlet : Rp 6.000.000
Rata – rata omset / Outlet / bln : Rp 20.000.000
Bahan Baku ( 40% ) : Rp 8.000.000
Laba Kotor : Rp 12.000.000
Biaya Operasional / outlet ( rata – rata )
Gaji Pegawai : Rp 2.000.000
Overhead ( listrik, telp, pam ) : Rp 600.000
Sewa Tempat : Rp 800.000
Langganan Internet : Rp 500.000
Operasional IT : Rp 600.000
Biaya Penyusutan Alat : Rp 500.000 * diambil rata-rata
Operasional Lain – Lain : Rp 1.000.000
TOTAL : Rp 6.000.000
Laba Bersih / outlet : Rp 6.000.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar