Jumat, 18 Desember 2015

usaha salon

Riska salon
Riska noviasari
2013115089
Kata pengantar
            Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkah dan rahmat-Nya Saya bisa menyusun proposal ini dengan sebaik-baiknya. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
            Adapun maksud dan tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas Pengantar komputer yang di bimbing oleh Bapak Husni Hidayat, S.Kom.
            Dalam penyusun proposal ini Saya tentu  menjumpai beberapa hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak akhirnya Saya dapat menyelesaikan  proposal ini dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu melalui kesempatan ini Saya sebagai penyusun mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terkait yang telah membantu Saya menyelesaikan proposal ini.
            Segala sesuatu yang salah datangnya dari manusia yaitu Saya sendiri sedangkan segala sesuatu yang benar datangnya hanya dari Allah SWT, untuk itu Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan proposal ini masih terdapat berbagai kesalahan baik itu dalam penulisan atau tata bahasa, dan kritik beserta saran yang membangun sangat Saya harapkan guna untuk memperbaiki kesalah-kesalahan pada tahap selanjutnya.
            Semoga proposal ini bermanfaat khususnya bagi Saya sebagai penyusun umumnya untuk semua pihak pembaca.

                                                                                    Pekalongan, 14 Desember 2015



Beauty salon adalah sebuah usaha perseorangan yang bergerak di bidang jasa kecantikan baik itu berupa kecantikan wajah, kecantikan rambut dan kecantikan badan. Usaha ini dikhususkan bagi para wanita baik anak-anak remaja hingga orang dewasa. Jenis jasa yang ditawarkan sangat variatif mengingat kebutuhan akan kecantikan merupakan idaman bagi setiap wanita. Salon merpakan salah satu wadah untuk mewujudkan hal tersebut. Selain itu, pelayanan yang baik menjadi andalan salon tersebut untuk meningkatkan mutu bagi pengunjung salon sehingga tidak akan mengecewakan pelanggan. Beauty salon yang memiliki lokasi yang strategis dan nyaman akan membuat pelanggan merasa nyaman.
Prospek pengembangn usaha salon ini sangat menjanjikan mengingat pangsa pasar yang cukup besar khususnya bagi perempuan dimana sering perkembangan jaman, tren dan model gaya rambut yang terus berubah ditambah kebutuhan akan kecantikan diri sangat penting bagi perempuan. Berangkat dari pemikiran ini kami membuat ide untuk membuka usah salon kecantikan yang cukup menggiurkan di dunia bisnis ini.

A.      Konsep bisnis

Beauty salon adalah konsep salon kecantikan untuk para wanita. Beauty salon menawarkan harga yang sangat menggiurkan khususnya untuk para mahasiswa yang relatif murah jika dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa mencapai 30 persennya.
Dari segi kualitas, barang-barang yang ada di beauty salon ini tidak diragukan lagi, sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas.
Dan dari segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan sebab asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaanya terampil dan hasilnya tentu tudak akan mengecewakan para pelanggan nantinya.
Berikut ini adalah 5 elemen uatama yang di tawarkan oelh beauty salon yang membedakannya dengan sesama slaon kecantikan yang ada di indonesia:

·        Produk perawatan yang berkualitas tinggi

Beauty salon didirikan untuk memberikan pelayanan dalam bidang jasa dengan produk perawatan salon yang berkualitas tinggi dan harga terjangkau. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan perawatan diri dengan produk berkulitas tinggi dan harga terjangkau. Asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaanya terampil dan hasilnya dan tentunya tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya. Selain itu, menu perawatan di beauty salon ini sangat lengkap.

·        Layanan konsumen yang prima

Tujuan perusahaan adalah mengembangkan layanan jasa yang positif dan proaktif yang akan dialami oleh konsumen setiap kali mereka datang ke beauty salon. Karena konsep ini adalah perusahaan mengandalkan kunjungan kembali konsumen, maka interaksi dengan konsumen merupakan hal yang kritis dan merupakan kunci sukses bisnis ini. Pegawai memegang peranan penting dalam hal ini. Oleh karenanya, perusahaan menetapkan pegawai yang direkrut adalah orang-orang lulusan terbaik dan profesional, berpenampilan menari, dan yang memiliki komitmen untuk melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan perhatian, pengembangan diri karyawan, dan kompensasi bagi hasil bagi para karyawannya agar dapat memberikan layanan yang prima.

·        Persediaan barang dagangan dan metode pemasaran yang unik

Perusahaan akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang yang agresif yang dirancang untuk menciptakan dan mempertegas citra merek perusahaan. Perusahaan akan menggunakan logo beauty salon secara eksentif pada presentasi produk dan pelayanan jasa yang inovatif.

·        Lokasi yang nyaman

Berbeda dengan salon kecantikan pada umumnya, beauty salon berlokasi dekat dengan perguruan tinggi dan gedung perkantoran dengan tingkat lalu lintas pengunjung yang tinggi. Hal ini memberikan manfaat ganda bagi para konsumennya, yaitu sambil berkuliah atau bekerja setelah penat melakukan aktifitasannya bisa langsung memanjakan diri di salon. Selain itu, berbeda sehingga dapat menarik konsumen untuk berkunjung.

·        Desain salon yang cozy dan eksklusif

Beauty salon akan dirancang denagn cozy dan eksklusif pada interior dan perabotnya. Desain yang unik sangat diperhatikan untuk menjadi penambah daya tarik salon.

B.     Produk yang ditawarkan

Beauty salon menawarkan berbagai bidang jasa dalam kecantikan para wanita. Jasa yang ditawarkan dalam usaha tersebut yaitu sebagai berikut:
·        Jasa perawatan rambut seperti pemotongan rambut, creambath, rebonding, keriting, masker rambut, cuci dan blow rambut, cat dan bleacing rambut, dan toning rambut.
·        Jasa perawatan wajah ditawarkan facial wajah, make up wajah, pijat wajah, totok aura.
·        Jasa perawatan tubuh sediakan jasa mandi uap, berbagai macam lulur, mandi susu, dan manicure padicure.

C.      Harga

Harga yang ditawarkan dalam usaha tersebut sangat menggiurkan khususnya berada pada lokasi perkuliahan mahasiswa maka harga masih terjangkau dan relatif murah jika dibandingkan denag harga salon ditempat lain bahkan bisa mencapai 30 persennya.
Dari segi lualitas, barang-barang yang ada di beauty salon ini tidak diragukan lagi, sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas. Dan lagi segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga salon merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaanya terampil dan hasilnya tentu tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya.

D.     Persediaan Barang dan Pemasaran

·        Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan tingkat kesadaran kualitas, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan perusahaan.
·        Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut
·        Memberikan gratis “creambath” agar konsumen dapat mencoba pelayanan.
·        Penawaran kartu potongan yang dapat digunakan pada hari-hari tertentu untuk mendorong kunjugan berganda.
·        Materi-materi edukasi yang berkaitan dengan  produk perawatan, pemanfaatnya, dan petunjuk pemanfaatan produk tersebut
·        Layanan proaktif karyawan: melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias

E.      Layanan Pelanggan

·        Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen, Beauty Salon akan menyelenggarakan pemasaran internal melalui proses rekrutme, pelatihan, dan motivasi para karyawannya. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen. Hal ini menjadi salah satu poin strategi bagi Beauty Salon dibandingkan dengan para pesaingnya.
·        Selain itu, karyawan juga akan diberian pelatihan mengenai product knowledge yang ada digunakan di perusahaan. Dengan demikian, mereka dapat berfungsi sebagai messenger bagi para konsumen dan pelanggan perusahaan.

F.      Desai Gerai

·        Beauty Salon aka dirancang dengan konsep cozy dan eksklusif. Suasana yang dimunculkan adalah salon setaraf salon ternama, simple modernis, bersih, bergaya dan menyenangkan.



Perencanaan Bisnis

Analisa Keuangan
Rata – rata omset / Outlet / bln               : Rp  20.000.000
Bahan Baku ( 40% )                                     : Rp   8.000.000
Laba Kotor                                                     : Rp   12.000.000

Biaya Operasional / outlet ( rata – rata )
Gaji Pegawai                                                : Rp   2.000.000
Overhead ( listrik, telp, pam )                 : Rp      600.000
Sewa Tempat                                  : Rp      800.000
Langganan Internet                                   : Rp      500.000
Operasional IT                                             : Rp      600.000
Biaya Penyusutan Alat                  : Rp      500.000   * diambil rata-rata
Operasional Lain – Lain                            : Rp   1.000.000
TOTAL                                               : Rp    6.000.000

Laba Bersih / outlet : Rp  6.000.000



Tidak ada komentar:

Posting Komentar